Pendahuluan dan Manfaat
Upaya peningkatan efisiensi serta efektifitas dalam proses produksi pasca panen, diperlukan adanya institusi yang terorganisasi dengan baik dan dikelola secara profesional. Dalam hal ini perlu diwujudkan Pusat Penanganan Pasca Panen (Packing House) Sayur Mayur. Dengan dilengkapi sentra Pemasaran yang merupakan tempat transaksi jual-beli, kegiatan magang untuk anggota kelompok tani, forum pelayanan informasi pasar, akses ke sumberdaya keuangan dan lain-lain, maka diharapkan dapat meningkatkan nilai jual hasil sayur mayur yang banyak dihasilkan masyarakat pedesaan.

Peralatan dan Bahan
1. Rumah kemasan berukuran 110 m2 yang terdiri dari ruang bongkar muat,
2. Ruang penampungan bahan baku,
3. Ruang bahan yang telah diproses/dikemas dan ruang kantor.
4. Timbangan.
5. Bak cuci.
6. Meja penirisan
7. Meja sortasi
8. Meja kemas
9. Alat pengemas plastik film (line wrapper)
10.Peralatan kantor.

 Gambar Denah dan Tata Letak Packing House

 

Cara Pembuatan
a. Pencucian dan Penirisan
Proses ini menggunakan air bersih yang bertujuan untuk menghilangkan kotoran seperti tanah, sisa-sisa pestisida dan lain lain yang masih menempel pada produk tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan penirisan yang bertujuan untuk menghilangkan air bekas pencucuian yang masih menempel pada produk untuk menghindari pembusukan.

b. Sortasi dan Grading
Proses ini bertujuan untuk memisahkan produk berdasarkan kualitas yang diinginkan yang meliputi : segi kenampakan (baik, jelek), ukuran, bentuk maupun warna.

c. Pengemasan dan Pengepakan
Setelah melalui proses sortasi dan grading, selanjutnya dilakukan proses pengemasan dengan menggunakan alat pengemas plastik film (line wrapper) dan pengepakan dalam karton.

Pencarian artikel ini: