Apa sih IMAX?
IMAX berasal dari singkatan bahasa Inggris Image Maximum, yaitu merupakan sebuah proyeksi film yang memiliki kemampuan gambar dengan ukuran dan resolusi yang lebih besar dari film konvensional lainnya. Standar layar IMAX adalah 22 meter lebar dan 16 meter panjang (72,6 x 52,8 kaki), namun bisa lebih besar lagi. (wikipedia)

7 Teater IMAX Terhebat
Jumlah teater IMAX di seluruh dunia memang tidak bisa dikatakan banyak jika dibandingkan dengan cineplex. Namun, di bawah ini terdapat 7 teater IMAX yang dikatakan sebagai yang terbaik, terbesar, dan menawarkan kegilaan paling heboh dari apa yang IMAX bisa tawarkan.

1. Cinesphere – Toronto, Kanada
IMAX merupakan sebuah perusahaan asal Kanada, jadi yaa sah saja kalau mereka mendirikan instalasi pertama di sana. Tahun 1971 merupakan tahun di mana teater IMAX, Cinesphere didirikan dengan kapasitas 752 kursi, layar berukuran 86 x 60 kaki, dan memiliki bentuk kubah bergaya Disney. Lokasinya berada di Ontario Place, yaitu sebuah taman hiburan di pinggiran Danau Ontario.

2. L’Hemisferic – Valencia, Spanyol
Jika Anda bosan hanya melihat desain teater yang berbentuk kubah bulat, maka teater milik Spanyol ini bisa membuat Anda berdecak kagum. Konstruksinya dibuat berbentuk mata raksasa, dengan teater terletak pada pupilnya, dan sekaligus berfungsi juga sebagai planetarium. Didesain oleh Santiago Calatrava, teater ini selesai pada tahun 1998 dan dianggap sebagai salah satu wujud nyata dari Valencia sebagai “kota seni dan ilmu pengetahuan”.

3. Darling Harbour – Sydney, Australia
Secara kapasitas, Darling Harbour IMAX memang bukan yang terbesar di dunia, yaitu hanya 540 kursi, tapi soal ukuran layar, sejauh ini belum ada yg menandingi ukuran miliknya sebesar 117,2 x 96,5 kaki. Proyektornya pun tidak cukup hanya dengan 1 bohlam, tapi 2 bohlam berkekuatan 15000 watt, serta membutuhkan sistem pendingin super yang “memompa 1600 meter kubik udara dan 36 liter air yang telah disuling melalui penyangga lampu setiap menitnya”. Sistem suaranya pun sangat besar, juga dengan kekuatan digital surround 15000 watt. Bagi para fans fanatik Star Trek, mungkin bisa menghabiskan uang lebih untuk pergi ke Sydney dan menontonnya di sana.

4. Futuroscope – Poitiers, Perancis
Terletak pada Parc du Futuroscope, yaitu sebuah taman tematis yang berbasiskan multimedia dan teknologi, teater Kinescope, merupakan satu-satunya yang memiliki tipe IMAX paling lengkap, mulai dari normal, dome, 3D, dome 3D, dan gaya karpet terbang. Tipe “karpet terbang” menghadirkan layar kedua pada bagian lantai, sehingga memberikan sensasi pengalaman mengambang di udara.

5. The Golden Snail – Jakarta, Indonesia
Mungkin dikatakan sebagai teater yang paling mengagumkan sekaligus paling organik. Bentuknya menyerupai salah simbol nasional Indonesia, yaitu tipe keong apel emas. Sempat menjadi teater IMAX dengan layar terbesar pada masa periode 1985 – 1991, dan tentu saja kapasitas kursinya yang sangat besar, yaitu 930 kursi atau mungkin yang terbesar di seluruh dunia. Sekarang ini lebih banyak berfungsi sebagai pemutar film tentang keindahan Indonesia bagi para turis. Yang menarik, teater ini sama sekali belum pernah menampilkan film tentang keong apel emas itu sendiri.

6. Science Museum of Minnesota – Saint Paul, Amerika Serikat
Walaupun tidak memiliki layar terbesar, tapi teater yang satu ini memiliki kubah yang paling besar di seluruh dunia. Selain itu, keunikannya adalah memiliki layar ganda yang dapat ditukar. Konsep ini merupakan perintis dari layar convertible, yang menghadirkan layar datar dan juga dome yang bisa diputar untuk film-film IMAX dome, atau disebut sebagai Omnifilm. Keunikan lainnya adalah teater ini memiliki proyektor permanen elektronik yang terbesar. Tapi, alasan utama ia masuk ke dalam daftar ini adalah struktur mekaniknya yang sangat luar biasa. Bagian luar teater harus dibangun sekitar mekanisme layarnya.

7. Prasads IMAX – Hyderabad, India
Teater ini sebenarnya menggantikan Adlabs IMAX yang tadinya berdiri di Mumbai. Apa yang membuat ia masuk ke dalam daftar? Bukan ukuran layarnya, bukan kapasitasnya, tapi merupakan teater IMAX yang paling populer di seluruh dunia. Ukuran layarnya sebesar 72 x 95 kaki, kapasitas kursi 635, dan memiliki sistem suara berkekuatan 12000 watt. Teater yang paling banyak dikunjungi ini sering memutar film-film blockbuster seperti Harry Potter dan Spiderman.

Sudah tentu kita sebagai warga negara indonesia bangga karena teater “Keong Mas” masuk di peringkat ke 5.

Sumber :gizmodo.com

Pencarian artikel ini: