Permasalahan kesehatan di Indonesia saat ini masih didominasi oleh persoalan mendasar seperti kurang gizi, tingginya kematian ibu melahirkan dan anak balita serta penyakit infeksi. Stress akibat tekanan ekonomi dan masalah mendasar lainnya. 

Ruang lingkup penelitian iptek di bidang kesehatan tentunya harus sejalan dengan permasalahan-permasalahan mendasar di bidang kesehatan. 

Saat ini, masalah kesehatan di Indonesia masih didominasi oleh persoalan mendasar seperti : kurang gizi, tingginya angka AKI (angka kematian ibu) bahkan peringkat pertama di negara Asean, anak balita, penyakit infeksi, kesadaran yang masih kurang tentang pola hidup sehat, stress kejiwaan akibat tekanan ekonomi, ketergantungan yang tinggi akan bahan baku obat (sekitar 350-400 juta dolar AS per tahun) dan peralatan kesehatan ( sekitar 500 juta dolar AS pada tahun 1996/97) asal impor yang berdampak pada mahalnya harga obat dan biaya kesehatan. 

Disamping itu juga buruknya kondisi lingkungan tempat tinggal, kurangnya mutu pelayanan kesehatan masyarakat di daerah periferi akibat akibat keterbatasan dana atau fasilitas kerja, perilaku seksual yang menyimpang dan makin banyaknya kasus penyalahgunaan narkoba. 

Selain dihadapkan pada permasalahan mendasar, terdapat pula potensi yang belum didayagunakan secara optimal. Sepert ketersediaan berbagai sumber karbohidrat, protein, lemak dan mineral alamiah yang bergizi tinggi, cara pengobatan alternatif dan obat tradisional sebagai warisan budaya bangsa, keanekaragaman hayati tropik dan sumber daya alam non hayati lainnya sebagai sumber obat-obatan. 

Disamping itu juga perlu mendayagunakan kemampuan riil secara terpadu dan sinergi, seperti : perkembangan industri farmasi yang ada (meski masih berupa industri hilir pembuat obat jadi), industri peralatan kesehatan/instrumentasi kedokteran (berupa industri perakitan), industri jamu, kemampuan riset PT dan lembaga litbang serta tersedianya sarana pelayanan kesehatan pada berbagai tingkatan. 

Inilah gambaran sekilas tentang kondisi yang berkenaan dengan bidang kesehatan di tanah air. 

Dan tentunya prioritas penelitian dan pengembangan bidang kesehatan diarahkan untuk memberikan pemecahan bagi pelbagai masalah utama kesehatan yang dihadapi sebagian terbesar masyarakat Indonesia. 

Dan penelitian yang diutamakan nantinya diharapkan dapat meningkatkan upaya untuk menanggulangi masalah penyakit menular, gangguan gizi dan kejiwaan, penyalahgunaan narkoba, pengembangan industri farmasi, jamu dan biofarmaka, serta industri peralatan dan instrumentasi kedokteran. 

Selain itu juga dilakukan pendekatan yang mengerahkan dukungan ilmu-ilmu mutakhir, seperti bioteknologi, perlu didorong untuk meningkatkan kemampuan SDM pelaku iptek kesehatan agar mereka dapat berkiprah secara penuh. 

Demikian antara lain poin-poin penting yang hendak dikembangkan dalam bidang kesehatan sebagai salah satu prioritas utama nasional iptek Indonesia.

Pencarian artikel ini: