Dengan bentuknya yang lonjong dengan warna coklat dan tekstur berbulu membuat buah kiwi kalah menarik dengan buah lain seperti apel maupun jeruk.Tapi jangan remehkan soal kandungan buah ini. Beragam manfaat buah berasa asam manis ini antara lain sebagai sumber vitamin, mineral hingga sumber energi.

Peneliti dari Health Science Zespri Internasional dari New Zealand, Lynley Drummond mengatakan buah kiwi sarat gizi. Bermanfaat sebagai sumber vitamin, mineral dan antioksidan yang tinggi.

“Buah kiwi juga sarat phytonutrients yang baik bagi kesehatan, karena akan menghasilkan polyphenols sebagai antioksidan bagi tubuh, enzim untuk pencernaan dan karotenoids yang bermanfaat sebagai antioksidan dan kesehatan mata,” tuturnya.

Studi yang dilakukan membuktikan, buah kiwi menyediakan gizi paling banyak dengan kalori paling sedikit jika dibandingkan dengan jeruk, pisang dan apel.

“Membuat kiwi merupakan salah satu pilihan untuk orang-orang yang sedang berdiet,” terangnya.

Hal senada diungkap Dokter Spesialis Gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Inge Permadhi MS, SpGK. Dia mengatakan, buah-buahan termasuk kiwi merupakan sumber air dan elektrolit, energi, vitamin dan antioksidan.

“Sekitar 70% tubuh manusia mengandung air. Jika tiba-tiba diare, maka bagian tubuh yang berisiko adalah gagal ginjal. Terutama pada orang lanjut usia, juga saat mengalami muntah,” tuturnya.

Buah dapat juga digunakan sebagai sumber energi, karena mengandung kalori yang dapat diubah menjadi energi. Rata-rata kalori yang dapat diperoleh dari satu buah yaitu sekitar 80-90 kalori.

Sebagai sumber vitamin dan mineral, asubupan buah menjadi sangat penting. Guna memperlancar metabolisme tubuh saat mencerna karbohidrat dan lemak yang akan digunakan sebagai energi.

“Kandungan antioksidan dalam buah juga dapat membantu imunitas tubuh mengatasi radikal bebas berlebih dengan memberikan donor elektron. Sebenarnya, radikal bebas dapat dianggap sebagai amunisi untuk melumpuhkan penyakit yang disebabkan virus atau bakteri. Namun jika terlalu banyak bisa berbahaya,” jelas Inge.

Radikal bebas yang tidak seimbang juga dapat mengakibatkan penyakit degenaratif atau penuaan dini. Seringkali disebut dengan efek stres oksidatif.

Untuk kecukupan porsi serat per hari, ujar Inge, diperlukan 3 porsi sayur dan 5 porsi buah per hari yaitu sekitar 25-30 gram.

“Satu mangkuk kecil sayur atau satu buah diperkirakan mengandung serat 4 gram. Jika satu hari Anda malas makan sayur, maka bisa saja dikombinasi dengan makan buah. Misalnya, satu buah mengandung serat 4 gram. Maka Anda harus makan sekitar 8 buah untuk memenuhi kebutuhan serat 30 gram,” papar wanita yang tampak awet muda itu.

Persiapan Kehamilan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh produsen kiwi Zespri juga mengungkap, manfaat kiwi sebagai sumber asam folat yang baik. Sebagaimana diketahui, asam folat sangat diperlukan untuk wanita yang hamil atau tengah mempersiapkan kehamilan, untuk mencegah cacat lahir pada otak atau syarat tulang belakang (Neural Tube Defect/NTD).

Mengingat masih banyak calon ibu yang tidak memperhatikan asupan asam folat pada masa-masa awal kehamilannya. Pasalnya, mereka tidak menyadari minggu-minggu pertama kehamilan.

ynley juga menjelaskan sebuah penelitian yang mengkaji manfaat kiwi terhadap sistem pernafasan pada orang dewasa. Hasilnya, saat mengonsumi buah kiwi, subjek mengalami gejala yang lebih ringan, lebih cepat sembuh dan meningkatknya tingkat antioksidan secara signifikan.

“Penelitian yang sama tengah dilakukan tahun ini pada anak-anak,” tambahnya.

Wanita asal New Zealand itu juga menuturkan hasil penelitian yang dapat membantu mengatasi kekurangan zat besi yang bisa berdampak pada terganggunya produktivitas, perkembangan dan fungsi kognitif, risiko kehamilan dan sistem kekebalan tubuh. Mengingat golongan yang paling rentan adalah wanita usia muda-pertengahan dan anak-anak.

“Mengonsumsi buah kiwi bersama dengan sereal yang sudah difortifikasi dengan zat besi tambahan, terbukti akan meningkatkan daya serap tubuh terhadap zat besi,” kata Lynley.

buah kiwi dapat dimakan bersama sereal yang sudah difortifikasi dengan zat besi tambahan, dan terbukti akan meningkatkan daya serap tubuh terhadap zat besi. Segaralah mengkonsumsi buah eksotik asal new zealand ini.

sumber :republika.co.id

Pencarian artikel ini: