Mungkin selama ini kita mengandalkan Google sebagai search engine pilihan untuk menjelajahi rimba internet. Kalaupun kita tahu paling hanya yahoo ataupun bing, mesin pencari terbaru andalan Microsoft. Namun bagi anda yang ingin menggali lebih dalam ternyata banyak sekali “mesin pencari” yang siap mengantar anda menjelajahi dunia web. Jaringan maya sebenarnya kaya dengan layanan pencarian terspesialisasi. Semua mencoba menemukan jalan mengambil seiris kue milyaran dolar yang diraup Google setiap tahun hanya gara-gara menjawab.

Sebuah situs khusus TI terkemuka, Wired.com, menyurvei sekitar 50 layanan pencari terspesialisasi dan memilih beberapa yang menjadi favorit. Ini bukanlah peringkat atau ulasan sistematis, tapi lebih kepada panduan umum kepada khalayak, yang kerap bermasalah dalam melakukan pencarian mendalam di dunia maya

Variasi mesin pencari sebenarnya mencengangkan dan berpontensi membuat Google sedikit berdarah dalam inovasi pencarian pada tahun-tahun mendatang. Memang, belum ada contoh situs yang sepertinya akan menggeser posisi Google sebagai tujuan search engine dalam waktu dekat.

Namun, bahkan tur ala kursor akan membuat anda mulai berpikir berbeda terhadap kemungkinkan di dalam pencarian, dan siap menantang Google dalam jangka pendek. Salah satu contoh, dapat ditemukan pada ponsel.

Google bekerja baik di dalam iPhone atau smartphone anda. Namun untuk pencarian cepat, ChaCha masih tak terkalahkan. Cukup ketikkan pertanyan kepada 242242, anda pun akan segera mendapat jawaban yang terkirim cepat.

Dalam era Twitter, ada kompetisi lebih dari ketat untuk menjadi pengindeks tercepat dalam jaringan maya–sebuah fitur yang bahkan diakui pendiri Google, Sergey Brin, bahwa perusahaan masih dalam tahap meningkatkan. IceRocket, OneRiot dan Scoopler adalah beberapa nama dalam tren pengindeks tercepat yang dapat diandalkan.

Bila anda masih ingat tragedi teror Mumbai, adalah pengindeksan Twitter yang berjasa menyebarkan informasi detik ke detik terkini momen tersebut. Terlepas dari kontroversi kebenaran fakta tiap postingan tentang Mumbai, Twitter berhasil menunjukkan keampuhan sistem pengindeksan cepat miliknya

Salah satu yang tercedas dalam survei adalah Collecta. Ia melakukan pencarian menyeluruh untuk postingan terbaru blog-blog, berita, cerita, tweet, dan komentar, lalu menampilkan seperti air terjun yang menerus.

Alat ini mampu menjadi arus informasi kuat bagi yang ingin mengawal isu tertentu. Bila anda khawatir atas reputasi perusahaan anda secara online, atau ingin mengetahui berita terbaru tentang Iran, Collecta sangat layak dipertimbangkan.

Menjaga tab tetap terbuka pada berita dan acara lokal tidaklah mudah, bahkan di era news aggregators (pengumpul berita). Bila anda mengalami kesulitan serupa, coba masuk ke Trackle.

Anggap itu sebagai search engine siap sedia yang akan memberi tahu anda kabar dan even yang anda ingin tahu. Ini cocok bila anda ingin mengikuti pasar saham, prakiraan cuaca, menemukan berita tentang lingkungan anda, membeli alat kebugaran, mengikuti permainan besar di tempat kerja, atau menemukan penawaran pada produk tertentu.

Trackle akan mencari secara konstan untuk anda dan mengirim lewat email bahkan pesan singkat (tergantung pilihan anda). Memang, tampilan antarmuka terlihat kuno, namun gagasan mesin pencari yang bekerja seperti robot, mengalahkan tipe RSS feed apa pun yang ada saat ini.

Tidak cukup? Ingin belajar menyeluruh tentang topik umum seperti revolusi Iran atau bahkan nasi goreng? Coba Kosmix.com, yang mengandalkan layanan di seputar Web–seperti Wikipedia dan Flickr–untuk menyusun halaman situs yang dipenuhi oleh informasi relevan dan bermanfaat.

Beberapa search engines paling menarik yang ditemukan dalam survei adalah mereka yang menggunakan pembagian kateogori dalam tampilan kotak atau kolom sempit. Pendatang baru adalah Voyic, ini adalah mesin pencari khusus perjalanan yang terlhat eksklusif untuk penawaran keberangkatan dari kota tempat anda tinggal.

Situs lebih fokus terhadap orang-orang yang siap untuk petualangan ketimbang perjalanan bisnis yang mencari tiket murah. Sempat menduduki peringkat atas dalam pencarian tertinggi adalah paket liburan ke Chicago, yang hanya senilai 193 dolar AS, alias Rp 2 jutaan kurang.

Tawaran bepergian dengan harga miring tak sedikit pun menyentil? Giliran coba Indeed.com, mesin pencari-meta untuk pemburu lowongan kerja. Ketika anda mendapat panggilan wawancara, masuk saja Parkingspots.com untuk menemukan tempat terbaik memarkir kendaraan anda. Hanya saja, mesin pencari paket perjalanan dan pekerjaan masih untuk seputar negara pengguna bahasa Inggris.

Beberapa inovator pencarian mengatasi desain antarmuka untuk membantu pekerjaan beberapa pertannyaan terkait tautan pencarian. Jika anda mencari sesuatu yang bersifat visual–seperti Michael Jackson moon walking (berjalan di bulan)–cobalah Searchme.com, yang akan menampilkan seluruh halaman web dalam hasil pencarian laiknya album art di iTunes atau top history di Safari 4.

Penggemar berat musik? Coba Fizzy.com atau sekalian saja hampiri mesin pencari video, Blinkx.com untuk menavigasi jalan anda menuju lagu-lagu streaming, yang dijamin tak anda temukan di mana pun.

Hanya saja para mesin pencari yang mengandalkan algoritma tersebut kerap salah menangkap maksud kata kunci yang diketikkan, sehingga ada upaya menggabungkan tenaga manusia dalam search engine, agar tak melulu algoritma.

Tapi search engine berbasis input manusia pun sering gagal, contohnya buatan si pendiri Wikipedia, Jimmy Wales. Namun itu tidak menghentikan sejumlah perusahaan untuk mencoba mengambil seiris kue Google dengan memasukan elemen manusia ke dalam pencarian.

Salah satunya Scour, adalah mesin pencari meta yang dapat disesuaikan, membuat anda mampu memilih hasil dari tiga besar (Google, Microsoft dan Yahoo) yang menjadi pilihan anda, dan menandai situs sebagai spam serta memberi komen. Sementara Xmarks.com mengusung plug-in browser tersinkronisasi dengan bookmark miliknya dan menggunakan data untuk melapisi informasi pada hasil pencarian dari search engine besar.

Lalu ada pula supernaturalrecipes.com dan foodblogsearch.com , mesin pencari khusus bagi penggemar kuliner dan masak-memasak. Mereka menawarkan hasil pencarian resep tanpa filter beserta asal situs-situs aslinya melalui tampilan ala Google. Bila anda bingung mencari tahu apa itu seledri, dan semua resep yang berkaitan dengan cumi-cumi misal, situs ini dijamin memberi hasil memuaskan.

Kemudian ada search engine khusus bisnis, ambil contoh Spyfu.com. Itu adalah agen rahasia kecil yang fokus pada program AdWords Google, dan akan memberi tahu anda kata kunci seputar upaya kompetitor anda, berapa yang mereka bayak setiap klik, dan volume pencarian mereka untuk berbagai macam pencarian.

Rasanya seperti memata-matai dan ilegal, namun sekaligus sangat menyenangkan. Coba lihat seberapa banyak GM menghabiskan biaya untuk teks kecil iklan sebelum kebrangkutannya. Bagi para pengiklan serius ada versi premium pula yang ditawarkan.

Satu lagi, Panjiva, mesin pencari ini melacak pabrik-pabrik di luar negari dan konsumen di Paman Sam dengan mengindeks data bea cukai yang telah dipublikasikan. Itu menjadi cara hebat untuk memantau jejak di mana kompetitor anda membuat produk mereka dan oleh siapa.

Selain itu jangan lewatkan Wolfram|Alpha, jaringan jenius algoritmatik yang membuat antusias para kuli tinta teknologi. Apa pasal? Tak lain karena situs ini dapat memberi tahu anda kelembaban relatif kota di mana anda lahir, saat anda dilahirkan. Situs itu juga dapat melakukan perhitungan kalkulus. Namun sayang ia bukan search engine.
Sekarang tinggal anda memilih, masih tetap setia mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan membonceng Google dalam menelusuri jagat web. Atau mencari alternatif lain dengan puluhan search engine yang kualitasnya secanggih google.sekarang tinggal anda tentukan pilihan.

sumber :republikaonline

Pencarian artikel ini: