Komputer yang sering kita pergunakan sehari-hari untuk mengetik surat, main game atau internet mempunyai sebutan resmi Personal Computer atau PC. Istilah ini menjadi populer karena komputer ini berukuran relatif kecil dan bisa dipergunakan oleh perorangan secara pribadi, tidak bersama-sama dengan orang lain. Mengapa demikian, karena sebelumnya komputer yang dikenal berukuran sangat besar – bisa satu kamar penuh – dan dipakai secara bersama-sama oleh sejumlah orang. Dibawah ini bisa kita tinjau sedikit sejarah komputer pribadi ini.

1981
Perusahaan International Business Machine dari Amerika memperkenalkan IBM PC, sebuah komputer berukuran kecil yang diperuntukkan bagi pemakai perorangan. Sebelum PC ini diperkenalkan, komputer umumnya berukuran sangat besar dan hanya digunakan oleh organisasi/perusahaan. Komputer ini bernama lengkap IBM PC XT (Extended Technology) dan menggunakan processor yang dibuat oleh perusahaan Intel, yaitu Intel 8088. Ia memiliki RAM sebesar 128KB (kilobyte), floppy disk drive ukuran 5 1/4 inci berkapasitas 360KB dan hard disk 10MB (megabyte). Ia memiliki BASIC ROM (BASIC Read Only Memory) yang berisi bahasa pemrograman BASIC, yang secara otomatis muncul apabila DOS tidak terpasang.

Catatan: Byte adalah satuan terkecil data komputer. Satu huruf atau angka adalah satu byte. Ukuran kapasitas penyimpanan data pada RAM, tape atau disk dihitung dalam byte: 1 kilobyte(KB)=1000 byte; 1 megabyte(MB)=1.000.000 byte; 1 gigabyte(GB)=1 miliar byte; 1 terabyte(TB)=1 triliun byte.

1982
Compaq, Inc. berdiri dan membuat komputer IBM PC compatible, artinya menggunakan standarisasi hardware dan software IBM. Sistem kompatibel ini memungkinkan banyak perusahaan diluar IBM membuat PC dengan standar yang sama, sehingga harganya menjadi murah.

1984
IBM memperkenalkan generasi penerus XT yaitu PC AT (Advanced Technology) yang menggunakan processor Intel 80286. Ia memiliki floppy disk drive berkapasitas 1,2MB. RAMnya meningkat menjadi 256 dan 512KB. 

Di tahun ini juga Apple memperkenalkan Macintosh, komputer pertama yang menggunakan tampilan grafis (GUI, Graphical User Interface) dan Mouse sebagai pengendali kursor dan layar.
Macintosh dari Apple ini menggunakan konfigurasi yang berbeda dari IBM PC, baik hardware maupun softwarenya. Apple memproduksi sendiri hardware dan software untuk komputernya dan tidak ada kompatibelnya, sehingga harganya lebih mahal dibanding PC.

1987

Komputer yang menggunakan processor Intel 80386 diperkenalkan. Ia mampu mengolah data yang sebelumnya hanya dapat dilakukan oleh mainframe. Tidak hanya IBM yang memproduksi PC dengan processor seperti ini tetapi juga perusahaan-perusahaan lain yang menggunakan kompatibilitas IBM.

1989 – sekarang

Pada 1989 Intel mengeluarkan processor 80486 yang kecepatan prosesnya empat kali processor 386. Perkembangan teknologi processor turut memacu perkembangan PC itu sendiri. Processor-processor terbaru dengan konfigurasi yang lebih modern seperti Pentium 4 dan Athlon menjadikan kemampuan PC semakin meningkat. Berbagai perusahaan mengembangkan dan menjual komputer berstandar IBM dengan berbagai variasi dan teknologi. Bentuk komputer personal tidak lagi harus berada diatas meja (desktop), melainkan bisa dilipat dan dimasukkan kedalam tas (Laptop atau Notebook PC), atau digenggam dan tergabung dengan telepon selular (Palmtop atau PDA – Personal Digital Assistance), misalnya 3Com Palm, Motorola Accompli dan Nokia Communicator. Baik PDA maupun telepon selular dapat dihubungkan ke komputer melalui kabel atau sinar infra merah dan dapat tukar-menukar data dari/ke komputer.

Disamping itu saingan utama IBM yaitu Apple, juga terus merilis produk-produk barunya, antara lain PowerMac dan iMac untuk jenis desktop serta iBook dan PowerBook untuk versi Laptopnya.

Hingga kini semua komputer buatan Apple populer dengan sebutan Mac, sedangkan komputer buatan IBM dan kompatibelnya dipanggil dengan sebutan PC.

2002

Sebuah PC dengan mesin pendingin didalamnya telah dibuat dan diklaim oleh pembuatnya sebagai yang tercepat didunia saat ini. Sebelumnya, menjalankan komputer melebihi batas kemampuannya akan membuatnya overheat. Sejauh ini setting PC dilakukan dengan berbagai cara untuk mempertinggi kecepatan proses dan mempertahankan mesin tetap dingin. Tetapi pembuat Vapochill PC, demikian namanya, dengan sebuah prosesor Intel 3 GHz, mengatakan bahwa PC mereka adalah produk komersial pertama yang mampu melakukannya dalam keadaan normal.

 

Kecil dan tidak berisik
PC ini memiliki alat pendingin yang dirancang oleh sebuah perusahaan Denmark, Asetek. Nampaknya memang agak susah dipergunakan, tetapi wujudnya amat kecil dan tidak berisik. PC yang dipaksa untuk berjalan dengan kecepatan tinggi umumnya berisik, tetapi yang satu ini tidak. Pendingin ini menjaga temperatur prosesor pada 18 derajat Celsius dibawah nol, jauh dibawah temperatur PC dengan kipas pendingin biasa. Menurut seorang pejabat dari Asetek, Pablo Valerio, “PC ini menjadi lebih stabil karenanya.” Ia juga menekankan bahwa “Jika anda menjalankan benchmark pada PC biasa selama dua hari terus menerus, jika anda matikan dan nyalakan lagi maka kecepatannya berkurang. Itu karena terlalu panas, tetapi PC kami tidak begitu.”

Prosesor Tercepat
PC Vapochill menggunakan prosesor Intel Pentium 4 2.2 GHz dan memecahkan rekor sebagai PC tercepat saat ini. PC biasa yang sudah di “overclock” biasanya berjalan tidak stabil karena seluruh sistem, termasuk RAM dan perangkat interfacenya bekerja melebihi batas kemampuannya. Tetapi Vapochill memiliki kelebihan dimana hanya prosesor yang ditingkatkan kecepatannya dan bukan seluruh sirkuit, sehingga keseluruhan sistem tidak berubah dan tidak terganggu kerjanya. PC tercepat 3 GHz berharga sekitar 6000 Euro (」3700) atau sekitar 48 juta rupiah, dan dipamerkan di pekan teknologi CeBIT 2002 di Hanover, Jerman.

Pencarian artikel ini: