Komputer yang berfungsi sendirian tanpa terhubung dengan komputer lain disebut stand-alone. Network atau jaringan adalah suatu cara menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dengan menggunakan kabel dan network card, serta dikontrol melalui network operating system. Para user dapat saling bertukar data atau program, serta dapat menggunakan data atau program itu bersama-sama dalam waktu yang sama. Jika salah satu komputer mengalami gangguan, tugasnya dapat diambil alih oleh komputer lainnya.

 Network terdiri atas:

  • SERVER/HOST
    Yaitu sebuah komputer yang bertindak sebagai pusat dan bertugas melayani komputer-komputer lain yang terhubung kepadanya. Ia bisa berupa PC atau Mini. Umumnya komputer server dirancang memiliki kemampuan yang lebih besar dibanding PC biasa. Server bisa dipasangi lebih dari satu processor dan kapasitas memori serta hard disknyapun lebih besar. Processor untuk serverpun ada yang khusus seperti Intel Xeon.
  • CLIENT/WORKSTATION/TERMINAL
    Merupakan komputer yang terhubung ke server. Komputer ini berupa PC biasa dan melakukan tugas-tugas yang umum seperti mengetik, membuat tabel, membuat program dan sebagainya. Kelebihannya ia dapat berkomunikasi dengan sesama client ataupun dengan server, dengan demikian ia dapat mengambil ataupun mengirim data. Client juga bisa memakai printer yang berjauhan letaknya. Client juga dapat bertugas sebagai host apabila ada lebih dari satu client terhubung kepadanya.
  • NETWORK INTERFACE CARD (NIC)
    Dipasang pada mainboard. Setiap komputer yang terlibat dalam network wajib dilengkapi NIC ini. Ia bertugas menjembatani pengiriman dan penerimaan data yang berjalan antara komputer tempat ia dipasang dengan komputer lain didalam jaringan.
  • KABEL
    Merupakan media transmisi yang paling umum digunakan untuk suatu komunikasi. Sekarang ini sudah ada wireless LAN yang menggunakan sinar infra merah (infrared) untuk mengirimkan data.

Tujuan membuat network adalah untuk membagi (sharing) data dan informasi serta memakai hardware dan software secara bersamaan oleh lebih dari satu user. Kita lihat lebih jauh dibawah ini:

  • Hardware
    Sejumlah hardware agak terlalu mahal jika harus dibeli dalam jumlah banyak. Printer misalnya, andaikan sebuah printer laser berharga lima juta rupiah perbuahnya, sedangkan ada duapuluh user yang ingin menggunakan printer laser, berarti harus dikeluarkan biaya sebesar seratus juta rupiah hanya untuk printer saja. Dengan network, hal ini dapat diatasi, cukup sebuah printer yang bisa dipakai bergantian oleh seluruh user.
  • Data dan Informasi
    User yang berwenang dapat mengakses data dan informasi yang dibutuhkannya dari komputer lain yang terkoneksi dalam jaringan. Pada perusahaan besar, data pelanggan disimpan dalam server dan bisa diakses dari jarak jauh dengan menggunakan modem, baik dari PC, PDA ataupun telepon selular.
  • Software
    Software yang paling sering dipakai akan disimpan dalam hard disk server sehingga bisa diakses oleh banyak user. Sejumlah software dibuat dalam versi berbeda – versi stand-alone dan versi networking. Software seperti ini sudah dilengkapi dengan kemampuan sharing hardware.
  • Komunikasi
    E-mail, video conference, internet dan intranet bisa dilakukan dengan mudah dan efisien melalui network. User yang berbeda kota atau negara bisa melakukan rapat tanpa membuang-buang waktu, tenaga dan biaya. Ongkos yang harus dikeluarkanpun hanya terbatas pada pembelian hardware, software dan akses network yang relatif jauh lebih murah dari tiket pesawat terbang untuk sejumlah perjalanan pergi-pulang.

Ada tiga kategori network :

LAN (Local Area Network)
Suatu jaringan komputer yang berada dalam satu wilayah (satu gedung atau satu organisasi yang sama).

WAN (Wide Area Network)
Memiliki jangkauan yang lebih luas dari LAN, bisa antar kota atau antar negara.

MAN (Metropolitan Area Network)
Menghubungkan sejumlah LAN dalam suatu area geografis, namun masih lebih kecil dari WAN. Biasanya untuk mengatur komunikasi atau lalulintas dalam sebuah kota. Telkom dan TV kabel adalah dua dari pengguna MAN.

Beberapa klasifikasi network:

  • Departmental network, dipergunakan oleh sekelompok kecil yang bekerja dengan satu tujuan yang sama. Tujuan utama departemen adalah untuk men-share local resources, seperti applications, data, laser printer dan modems.
  • Campus network yang menghubungkan beberapa departemental LANs dalam sebuah gedung atau kampus sebuah perusahaan.
  • Enterprise network menghubungkan komputer- komputer diseluruh lokasi dari satu perusahaan tertentu. Mereka bisa meliputi sebuah kota, pulau atau benua.
  • Global network meliputi semua departemen, campus, branch offices dan subsidiaries dari sebuah perusahaan.

Pencarian artikel ini: