Candi-candi di Trowulan

Dalam perjalanan kehidupan sejarah Indonesia kerajaan Majapahit pernah mengalami masa keemasan dan kejayaan dengan luas wilayah kekuasaan sampai pulau Madagaskar. Peninggalan Majapahit dapat dilihat pada koleksi benda-benda kuno dalam museum kepurbakalaan Trowulan dan banyaknya candi-candi yang terdapat di sekitar Trowulan antara lain Candi Waringin Lawang, Candi Tikus, Candi Tawon dan masih banyak candi kecil lainnya.

Kawasan Trowulan adalah daerah yang berjarak 12 kilometer sebelah barat kota Mojokerto yang dahulunya adalah daerah pusat kerjaan besar Majapahit pada tahun 1292-1528 Masehi. Peninggalan yang masih dapat ditemui di Trowulan ini adalah keahlian masyarakat Trowulan membuat kerajinan perunggu yang bermotifkan guratan ciri khas Majapahit.

Candi Jawi

Candi Jawi ini berada di lereng gunung Penanggungan Pandaan di tepi jalan menuju kawasan rekreasi Tretes dan merupakan candi peninggaln zaman kerajaan Majapahit yang telah dipugar kembali.

Disamping dapat melihat peninggalan kerajaan Majapahit,disana kita juga dapat menyaksikan pentas seni drama tari terbuka yaitu di Taman Chandra Wilwatikta dimana biasanya dipentaskan tari dari epos Ramayana dan Mahabrata . Pagelaran ini setiap tahun berawal dari bulan Agustus hingga bulan November dan dipentaskan dua kali dalam sebulan yaitu pada malan minggu.

Candi Singosari

Candi Singosari ini terbuat batuan yang banyak menceritakan perjalanan sejarah kerajaan dalam bentuk relief-relief.Candi ini merupakan peninggalan dari kerajaan Singosari tepatnya pada permulaan abad XIII dan berada kurang lebih sepuluh kilometer dari kota Malang menuju arah utara.

Selain candi Singosari, kita juga dapat melihat arca Dwarapala yaitu sosok raksasa penjaga gerbang kerajaan serta pemandian Kendedes yang semula sebagai tempat mandi para putri kerajaan. Daerah Singosari terkenal juga sebagai penghasil buah duku atau langsep.

Candi Belahan

Bangunan bersejarah yang satu ini adalah peninggalan kerajaan Airlangga yang dipercaya sebagai pelopor pertumbuhan kerajaan-kerajaan yang ada di Jawa Timur. Uniknya pada candi ini terdapat sejenis relief dengan gambar Dewa Wisnu yang menaiki burung garuda atau Garuda Wisnu Kencana.

Candi ini terletak di sekitar lereng Gunung Penanggungan Pandaan dengan jarak sekitar 35 kilometer dari Surabaya ke arah Malang. Peninggalan kerajaan Ailngga yang lain adalah berupa pemandian Jalatunda dan area pertapaan Raja Airlangga.

 Candi Jabung

Bangunan candi bersejarah ini terbuat dari bahan batu bata merah yang berbentuk silinder dan merupakan salah satu peninggalan kerajaan Majapahit. Candi Jabung ini terletak di tepi jalan raya Probolinggo menuju Bali yang melalui jalan pantai utara kawasan Jawa Timur.

 Candi Panataran

Merupakan suatu kompleks percandian dimasa Hindu Majapahit yang masih dapat dijumpai di kota Blitar di lereng Gunung Kelud. Candi Tanggal adalah salah satu candi yang masih utuh dan sampai sekarang prototipe-nya masih banyak dipakai sebagai lambang, baik itu untuk gapura kantor-kantor maupun untuk gerbang rumah-rumah dan bangunan yang ada di Jawa Timur. Kompleks candi ini banyak menyimpan guratan relief yang menceritakan kisah Ramayana secara lengkap.

Pencarian artikel ini: