Malang

Kota dengan ketinggian 450 meter di atas permukaan laut ini dikenal sebagai kota peristirahatan yang sejuk karena kota ini dikelilingi oleh beberapa gunung antara lain Gunung Arjuno, Gunung Argowayang, Gunung kawi, Gunung Butak, dan Gunung Semeru. Di kota yang terkenal bersih ini masih banyak dijumpai bangunan peninggalan kolonial yang bergaya arsitektur Belanda.

Malang merupakan kota distribusi wisatawan yang melakukan perjalanan wisata ke selatan propinsi Jawa Timur, karena kota yang berjarak 90 kilometer dari kota Surabaya ini dapat ditempuh hanya dalam waktu dua jam baik itu dengan kereta api, bus atau kendaraan lainnya.

Tempat menarik yang dapat dikunjungi di kota ini adalah museum Brawijaya, Taman Krida Budaya, Pusat kerajinan keramik Dinoyo, Pemandian Wendit, Taman Rekresi Sengkaling dan beberapa tempat lainnya.

Batu

Lebih terkenal sebagai kota apel karena kota administratif ini merupakan penghasil apel terbesar. Kota yang berjarak 19 kilometer dari kota Malang ini terletak di lereng gunung Arjuno dan gunung Anjasmoro. Selain suasana alam yang mengesankan, Batu juga memiliki tempat wisata dan hotel berstandar internasional.

Obyek wisata yang dapat dikunjungi di Batu antara lain:

  • Pemandian Songgoriti yang terkenal dengan pemandian air panas belerang.
  • Pamandian dan taman rekreasi Selecta.
  • Air terjun Cuban Rondo.
  • Taman Hutan Cangar.
  • Taman Buah Apel Kusuma Agro,purnama dan beberapa tempat lainnya.

Tretes

Taman Rekreasi Air Terjun Kakek Bodo, Taman Anggrek Prigen, Pemandian Tretes Raya dan Dirgahayu serta keliling Tretes dengan naik kuda adalah wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kota Tretes ini populer sebagai kota peristirahatan terdekat dari Surabaya karena hanya berjarak 52 kilometer ke arah selatan dan dapat ditempuh hanya dengan waktu kurang lebih satu jam.

Fasilitas hotel dan restaurant standar internasional cukup banyak tersedia di sana dan bagi wisatawan yang menginginkan stay at home dapat menyewa villa-villa yang ada di lerang gunung dengan harga terjangkau.

Air Terjun Sedudo

Air terjun yang ramai dikunjungi wisatawan terutama di bulan suro ini terletak di desa Ngliman dilereng gunung Wilis. Lokasi yang dapat ditempuh sejauh 27 kilometer dari kota Nganjuk ini bagi sebagian masyarakat Jawa Timur dianggap mempunyai kekuatan magis dimana terdapat kepercayan dalam masyarakat bahwa barang siapa yang mandi di sana akan dapat awet muda dan panjang umur.

Pacet – Trawas

Daerah dengan jarak tempuh sekitar 47 kilometer arah barat daya Surabaya ini berada di lereng gunung Welirang. Trawas dan Pacet merupakan tempat peristarahatan dan rekreasi, serta banyak dijumpai pemandian air panas belerang yang masih alami. Dari arah Trawas dan Pacet ini kita dapat langsung meneruskan perjalanan menuju daerah wisata Tretes atau pun batu Malang.

Pencarian artikel ini: